GALAKSI VI (Gelar Aksi Kemanusiaan VI)


Mataram, 26 maret 2014 GRAHAPALA RINJANI UNIVERSITAS MATARAM dalam waktu dekat ini akan melaksanakan kegiatan “GALAKSI VI” , sebelum saya jauh membahas tentang GALAKSI saya akan jelasin apa itu Galaksi adalah kegiatan rutin yang di laksanakan GPR  dua tahun sekali, kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2002 ini memiliki tujuan utama untuk menggalang aksi social terhadap masyarakat.

Masrun (22) “kegiatan galaksi untuk tahun ini di laksanakan di dusun semokan tanggl 15 mei 2014” ujar ketua panitia kegiatan tersebut, Desa sukadana merupakan salah satu wilayah yang berada di kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara yang memiliki 17 (tujuh belas) dusun diantaranya labang kara, sukadana, karang gedeng, ruak bangket, lokok kengkang, lokok buak, teluk, segenter, batu tepak, lendang gagak, lendang jeliti, lendang sentiggi, lendang beriri, batu rakit, semokan, sembagek, dusun persiapan kebon patu.  Desa tersebut sangat dapat di tempuh sekitar 2;30 jam perjalanan dari kota mataram, nusa tenggara barat dengan jalan yang agak sedikit menanjak dan berlubang desa tersebut masih belum tersentuh pembangunan. 
Adapun Bentuk-bentuk kegiatan yang akan di laksanakan di dusun semongkat ini adalah berupa Kegiatan-kegiatan dalam Gelar Aksi Kemanusiaan  ini antara lain sebagai berikut:
  • Pelayanan Kesehatan Gratis
Kegiatan ini berupa pemeriksaan dan pengobatan yang sifatnya gratis bagi masyarakat, dengan jumlah penduduk 1915 jiwa dari 5 (lima) Dusun, dan bekerjasama dengan petugas kesehatan setempat, dalam hal ini dinas kesehatan NTB, Dinas Kesehatan Lombok Utara, Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.



  • Kampanye Peduli Gigi Bersih Kampanye Gizi
Adapun bentuk kegiatan berupa kampanye pentingnya kesehatan gigi terhadap Anak Sekolah Dasar sehingga bisa memberikan contoh terhadap masyarakat dan orang lain, berupa  sikat  gigi bersama, serta pembagian pasta gigi dan sikat gigi. Target untuk kampanye ini yaitu siswa/i di Tiga Sekolah Dasar yang ada di Desa tersebut Rangkaian  kegiatan kampanye gizi ini berupa pembagiaan telur dan susu. Target untuk kampanye ini yaitu siswa/i di Tiga Sekolah Dasar yang ada di Desa tersebut dengan jumlah siswa/i secara keseluruhan adalah 1047.
  • Penyuluhan Pendidikan dan Pembagian Buku
Kegiatan ini berupa penyuluhan akan arti pentingnya pendidikan, terkait dengan  masih banyaknya anak-anak yang putus sekolah karena beberapa faktor yang tidak mendukung dalam  kelangsungan pendidikan mereka sehingga dengan begitu Grahapala Rinjani Universitas Mataram akan memberikan solusi terhadap anak-anak setempat sebagai contoh bisa memberikan semangat pendidikan terhadap masyarakat setempat.




Hiburan rakyat dari kegiatan Gelar Aksi Kemanusian ini adalah:Pemutaran film layar tancap, sepak bola dangdut, Panjat pinang, Lomba bawa kelereng dan Lomba lari karung,dll. Itulah beberpa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada GALAKSI tahun ini,untuk membantu jalanya kegiatan ini panitia menggalang aksi untuk mengumpulkan buku dan baju layak pakai untuk masyarakat desa, bagi yang ingin mengumpulkan pakaian layak pakai dan buku bisa langsung datang ke sekertariat GRAHAPALA RINJANI UNIVERSITAS MATARAM atau menghubungi ke nomer 082341330431 (iren)




0 Komentar untuk "GALAKSI VI (Gelar Aksi Kemanusiaan VI)"